Jumat, 26 Desember 2014

Skema inverter DC-AC 500Watt

Cara Membuat Skema rangkaian Inverter DC Ke AC 500 Watt Dngn Transistor – Skema rangkaian inverter pada gambar  di buat dngn power inverter berbentuk 10 transistor dengan tipe 2N3055 yg berperan sbg system saklarnya. Skema rangkaian inverter tersebut bisa merubah tegangan/voltage DC 12 volt jadi tegangan/voltage AC 220 volt dngn daya output sampai 500 watt dngn frekuensi 50-60 Hz. Skema rangkaian inverter tersebut terhitung type square wave inverter, yakni inverter dngn output tegangan/voltage AC berupa gelombang persegi/kotak. Skema rangkaian power inverter tersebut baiknya dipakai untuk mensuplay lampu penerangan, lantaran bentuk output inverter berbentuk gelombang persegi. Skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat inverter DC ke AC 500 watt tersebut bisa di lihat di gambar terlampir.

Skema rangkaian inverter ini di bangun dngn pembangkit pulsa berbentuk skema rangkaian fre running multifibrator dari transistor yg disusun dengan cara cascade dari Q1, Q2 & Q3, Q4. Pulsa gelombang persegi dari skema rangkaian multifibrator transistor itu dipakai untuk berikan driver ke skema rangkaian system saklar transistor lewat transistor driver Q6 & Q7. System saklar di inverter DC ke AC 500 watt tersebut di bangun dngn 10 buah transistor yg terbagi dalam 2 x 5 transistor sbg saklar yg bekerja dengan cara bergantian pada Q7, Q7x dngn Q8, Q8x yg aktif dengan cara bergantian.

Sbg step up converter berbentuk transformer CT 12 volt dngn output 220 volt. Transformer tersebut berperan untuk menaikan tegangan/voltage induksi dari 12 volt jadi 220 volt AC. Transistor power inverter Q7 & Q8 mesti dilengkapi dngn heatsink yg berperan untuk meredam panas yg dihasilkan. Untuk memperoleh efisiensi daya yg maksimal baiknya jumlah lampu yg disupply oleh inverter DC ke AC 500 watt tersebut seharusnya keseluruhan beban (lampu) mendekati nilai 500 watt & tdk bisa lebih dari 500 watt lantaran bakal membebani inverter.

Cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar