Senin, 15 Desember 2014

Billing system

LATAR BELAKANG
Kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum harus diwujudkan melalui berbagai upaya kesehatan dalam rangkaian pembangunan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu didukung oleh suatu sistem kesehatan nasional. Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit mempunyai karakteristik dan organisasi yang sangat kompleks. Berbagai jenis tenaga kesehatan dengan perangkat keilmuannya masing-masing berinteraksi satu sama lain. Ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan/kedokteran berkembang sangat pesat yang harus diikuti oleh tenaga kesehatan dalam rangka pemberian pelayanan yang bermutu, membuat semakin kompleksnya permasalahan dalam rumah sakit. Pada hakekatnya Rumah Sakit berfungsi sebagai tempat penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan dan fungsi dimaksud memiliki makna tanggung jawab yang seyogyanya merupakan tanggung jawab pemerintah dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) saat ini merupakan kewajiban bagi masing-masing rumah sakit setelah ditetapkannya UU No 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Pada Bab XI Tentang Pencatatan dan Pelaporan, khususnya Pasal 52 (1) disebutkan bahwa “Setiap Rumah Sakit wajib melakukan pencatatan dan pelaporan tentang semua kegiatan penyelenggaraan Rumah Sakit dalam bentuk Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit”. Sehingga kebutuhan terhadap SIMRS adalah hal yang wajib, dikarenakan beberapa hal antara lain dukungan penyediaan informasi yang cepat dan akurat, sebagai faktor penunjang kinerja pelayanan rumah sakit, serta transparansi dalam bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) seperti yang diatur dalam UU No 14 Tahun 2008.

Sistim Informasi Manajemen Rumah Sakit adalah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat
Sistim Informasi Manajemen (SIM) berbasis komputer merupakan sarana pendukung yang sangat penting – bahkan bisa dikatakan mutlak – untuk operasional rumah sakit
Berbagai pengalaman rumah sakit yang menggunakan sistim administrasi konvensional menunjukan banyaknya kehilangan kesempatan memperoleh laba akibat dari lemahnya koordinasi antar departemen maupun kurangnya dukungan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan terintegrasi.

MAKSUD DAN TUJUAN
Besar harapan kami agar tercipta sebuah jalinan kerjasama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak, yang mana Insya Allah kami siap membantu dalam hal pengadaan Software Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

MODUL-MODUL YANG DITAWARKAN
Modul Pendaftaran
Fungsi : Menangani dan mengotomatisasikan pelayanan pasien
Fasilitas ; INPUT :
Pencatatan Nomor Medical Record secara otomatis
Pencatatan biodata pasien
Pencatatan data penanggung jawab pasien
Pencatatan pasien berdasarkan kelompok pasien (perorangan, perusahaan, dan asuransi)
Pencetakan Kartu Pasien
Pencetakan Label Status Pasien
Edit Kunjungan Pasien Edit kunjungan jika ada kesalahan memasukkan nama dokter atau poliklinik
OUTPUT :
Kartu Pasien
Status Bio data Pasien

Modul Billing
Fungsi :
Menangani dan mengotomatisasikan pelayanan pasien di unit Pendaftaran/Registrasi/Admisi
Fasilitas ;
Input
Pencatatan Tindakan / Biaya pasien
Pengolahan tarif berdasarkan kelompok pasien (perorangan, perusahaan, dan asuransi)
View Detail Transaksi berdasarkan Tanggal, Kelompok tindakan, dan penjamin.
View RekapTransaksi berdasarkan Tanggal, Kelompok tindakan, penjamin.
View History Tindakan Pasien
Tindakan dilakukan secara default oleh dokter yang merawat pada saat pasien itu didaftarkan
Edit Dokter yang merawat / yg melakukan tindakan
Fasilitas edit komponen harga, discount per komponen, cito per komponen
Fasilitas discount per item tindakan
Fasilitas Pembayaran
Pencetakan Kwitansi (tanda terima pembayaran)
Output
Laporan Transaksi Harian
Kwitansi Rawat Inap  dan Rawat jalan

Modul Electronic Medical Record
Fungsi :
Menangani dan mengotomatisasikan data-data diagnosa hasil pemeriksaan, penggunaan obat, tindakan penunjang dan tindakan dokter.
Fasilitas ;
Input
Entry Diagnosa
Entry keadaan pasien pulang perawatan
Setup Master ICD
Setup Master Tindakan
Output
Laporan RL
Laporan sensus harian pasien Rawat Jalan
Laporan Sensus per Ruangan
Laporan-laporan lainnya yang dibutuhkan oleh bagian RM

Modul Instalasi Penunjang
Fungsi :
Menangani dan mengotomatisasikan pelayanan pasien di unit Penunjang
Fasilitas ;
Input :
Pencatatan data kunjungan pasien
Pengolahan tarif untuk berbagai kelompok pasien (perorangan, perusahaan, maupun asuransi) dan kelas kamar
Pencetakan rincian biaya
Integrasi tagihan dalam sistem billing pasien rumah sakit
Pencatatan pemeriksaan penunjang (lab/Rad)
Pencatatan hasil pemeriksaan dan expertise dokter penunjang
Integrasi hasil catatan dalam sistem rekam medis pasien
Pelacakan history hasil pemeriksaan pasien
Output
Laporan jumlah pemeriksaan per parameter
Laporan detail transaksi
Laporan detail transaksi per dokter dan resumenya
Laporan kunjungan pasien pada unit penunjang

Modul Laporan dan Pengawasan
Fungsi :
Mengawasi transaksi yang dilakukan di lapangan
Fasilitas :
Melihat pendaftaran pasien
Melihat pasien rawat inap
Melihat data pasien pulang
Melihat daftar Piutang
Merekap jasa dokter dan paramedis
Merekap pendapatan harian

Modul Farmasi
Fungsi :
Menangani dan mengotomatisasikan pelayanan pasien di unit Farmasi
Fasilitas ;
Input :
Input data obat/alkes
Pencatatan penjualan obat resep dan non resep
Pencetakan rincian biaya  untuk pasien berdasarkan resep
Penanganan resep untuk pasien Rawat Inap, Rawat Jalan ,dan UGD
View tarif untuk berbagai kelompok pasien (perorangan, perusahaan, maupun asuransi)
Terintegrasi dengan sistem billing untuk pembayaran pasien  UDG
Pencatatan pengembalian obat dan penghitungannya (retur)
Output :
Nota pemakaian obat per pasien (detail, summary)
Laporan pemakaian obat per dokter (detail , summary)
Laporan pemakaiian obat per ruangan (detail , summary)
Laporan retur pasien
Laporan harga jual
Modul Integerasi SIMRS-BPJS (Bridging SIMRS-SEP)
Fungsi : Mengefesienkan Pendaftaran Untuk Pasien BPJS. Bridging ini memungkinkan pembuatan SEP dilakukan melalui SIMRS, dengan demikian proses pendaftaran pasien dapat dilakukan dengan lebih cepat karena single entry.

Modul Integerasi SIMRS-INACBG (Bridging SIMRS-INACBG)
Fungsi : Mengefesienkan Proses pengentrian data klaim BPJS . Bridging ini meniadakan proses entry data klaim ke aplikasi INACBG, sehingga proses klaim lebih cepat dan data lebih akurat.

JANGKA WAKTU
Total waktu yang dibutuhkan untuk mendevelop / Perubahan applikasi Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit adalah : 16 Minggu
•Programming / Customisasi      : ± 6 Minggu
•Install, Testing & Implementasi : ± 1 Minggu
•Training     : ± 1 Minggu
•Pendampingan Sistem running : ± 8 Minggu
PENAWARAN HARGA
Kami menawarkan program ini  dengan harga Rp. 605.000.000,- (Enam Ratus lima Juta Rupiah)
Harga Tersebut juga tidak termasuk dalam software pendukung seperti OperatingSystem Window, Microsoft Office dan SQL Server
Harga sudah termasuk Pajak (PPN)

PRINT SHOOT SIMRS
Pendaftaran










Bridging SEP

Billing RJ













Billing RI

Rekam Medik












Instalasi Penunjang

Pengawasan










Laporan Keuangan

Bridging Simrs Inacbg














PENUTUP
Akhirnya tanpa mengurangi rasa hormat, kami akan sangat berterima kasih apabila pihak bapak dapat memberikan balasan berupa jawaban atas penawaran yang kami ajukan. Atas perhatiannya kami ucapakan banyak terima kasih.
                                                                                                    
                                                                                           Hormat kami

s  edy prasetyo
081125222225
............................


PROPOSAL PENAWARAN

PROGRAM SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN RUMAH SAKIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar